Rangkaian setrum ikan sederhana namun keluaran ACnya,amper dan voltnya sangat besar

 Hai sahabat nusantara,ketemu lagi dengan saya,semoga semua dalam keadaan sehat,kali ini saya ingin berbagi pengalaman dalam bidang setrum menyetrum ikan.begitu banyak unggahan alat setrum di youtube,dan di berbagai blog teman2 elektronika.,hahahahah saya hanya bisa tertawa ketika saya melihat aneka rangkaian unggahan di youtube, kali ini saya jabarkan adalah gulungan dengan 1 gulungan saja.bukan dua gulungan.

Begini teman teman.sebenarnya begini teori atau cara kerja alat strum ikan itu.

bila teman teman faham akan cara kerjanya,maka gampang sekali untuk membuat alat setrum yang AC outnya sangat besar.

  1] Inti besinya harus sekumpulan plat tipis.ini pungsinya untuk menyalurkan induksi.contoh kern trafo,gergaji besi yang dua sisi,plat seng yg dibentuk dengan gerinda,dll.di bawah ini contoh gambar kern,yang sya ambil dari google.dan semua gambar tampilan di bawah, juga semua dari google.  

masalahnya saat ini saya sudah tidak membuat setrum lagi,kebanyakan waktu saya luangkan di froyek.yang jelas di tahun 90an setrum sya tak pernah kalah dr teman2.

2] Kawat email ukuran 1,5meli,kalo bisa pakai merk awg,amerika punya,warnanya keemasan,bukan coklat.kalo tdk dapat ya gak apa yang jelas nanti cara gulungnya,teori cara menggulungnya adalah searah jarum jam berputar yaitu ke kanan.nah buatlah penampang gulungan dari papan tipis atau plastik,buatlah ukuran seseni mungkin,bila memakai kawat 1,5 jumlah gulungan harus 7 lapis,tiap gulungan harus dilapisi kertas semen,usahakan jangan memakai kertas biasa atau isolasi.nanti terakhir baru boleh pakai isolasi.

3] Kondesor sepeda motor lama atau kalau bisa pakai kondesor Vesva.pakailah yg baru karena bila bekas yang minta di bengkel,nilainya sudah korosi.alias rusak.Pakailah kondesor paling sedikit 8 buah,karena semakin banyak kondesor semakin kuat arus ac yg dikeluarkan,buatlah alas kondesor dari plat,lobangi plat itu sebanyak 8 buah, sesuaikan jarak lubang baut dengan besarnya kondesor,ini maksudnya agar body kondensor benar2 menyatu,,solder semua kabel + kondesor dan hubungkan ke platina diam.sedankgan body kondensor dihubungkan ke platina gerak [yang ada plat yang bergerak ktka diatrik magnet hasil induksi kawat].Di bawah ini gambar strum ikan dengan 1 gulungan

serok jaring diambil dr bodi - aki,yang terhubung dngan kondensor +.sedangkan +aki dihubungkan ke kawat email pertama dari  mulai menggulung.ujung kawat kedua ke stik dan menyentuh saklar gerak.saklar diam dihubungkan ke kontak platina gerak.dan platina diam dihubungkan ke aki -.yang jelas serok dan stik diambil ples kondensor dan min kondensor.

Rangkaian strum ikan satu gulungan sangat kuat di air dalam karena amper yang keluar adalh

kurang lebih7amper,dan voltnya di atas 1000 volt.

NAMUN INGAT! ini PERINGATAN saya...usahakan membuat saklar di setik  seaman munngkin,gunakan plat gergaji agar keras  kembalinya sehabis di tekan.lapisi saklar yang ditekan dengan kayu yang dilem efoxi.setelah rapi bungkus kembali  dengan ban dalam sepeda bekas yg dipotong.ingat ban dalam jangan dibelah.ikat kedua ujung ban setelah dirasa saklarnya sudah posisinya di tengah2,mengapa ini saya tekankan,karena bila tangan menyentuh plat saklar,teman2 pasti kestrum dasyat,dan bisa fatal akibatnya!.. kotak strum juga harus diperhatikan! buatlah dari jeregan bekas ukuran 5 Ltr.Ini fungsinya agar air aki basah tidak menetes ke baju kita,karena bila menetes di baju maka strum akan mengenai kita pada waktu kaki kita masuk ke dalam air dan pada waktu memencet saklar.

 Ini tambahan saya,setrum ini jangan gunakan seterusnya,gunakan bila keperluan mendesak saja ketika ada acara masak masak sama teman teman kalian.Bila menyetrum ikan  di pakai untuk mencari nafkah,komunitas  ikan akan rusak.gunakanlah bila perlu saja.

   SALAM ANAK NUSANTARA


Comments

  1. i like your idea....bravo freind.

    ReplyDelete
  2. Mau tanya bg. Rangkaian setrum ikan yg di atas apakah irit aki atau boros

    ReplyDelete
  3. Berarti semakin banyak kondensor semakin kuat nilai setrum yg dihasilkan misalnya sebelumnya tidak kuat ke lampu bohlam 100wat ditambah kondensor apa bisa buat menghidupkan lampu wat 100 mas

    ReplyDelete

Post a Comment