Penyebab Balita nangis di setiap sore



                    
                     Penyebab  Balita nangis di setiap sore
OSA ANAK ANAK NUSANTARA
  Terlebih dahulu saya katakan,sebenarnya yang saya akan unggah kali ini adalah bukan obat,lebih tepatnya bisa dibilang penawar.penawar ini sudah saya sebarkan kepada banyak teman dan hasilnya memang ampuh.penawar ini saya peroleh dari mendiang kakek saya.beliau seorang dukun penengen.[aliran kanan] nah begini ceritanya,pada suatu senja, adik sy yang masih 2,5 bulan menangis tak henti hentinya,saya coba memeriksa seluruh tubuhnya,insting saya mungkin adik digigit semut atau serangga lainnya namun semuanya tidak Nampak apapun,lalu saya tepuk perutnya dengan lembut,mungkin perutnya kembung atau masuk angin,atau bisa juga mules karena ibu salh makan, tetapi semuanya Nampak biasa saja,yang tidak biasa adalah jerit tangisnya yang seperti ketakutan.saya sangat panik, terlebih lagi ayah tidak ada. Nah akhirnya saya dan ibu membawa adik ke bidan.hasil diagnotis bidan adalah perutnya mules,kami diberikan sirup penawar mencret,dan akhirnya jam setengah sebelas malam tangis adikpun berhenti..mungkin sirupnya sudah bekerja saya berguman dalam hati..dan hatipun terasa lega untuk saat itu.besoknya di jam yang sama ,kejadian kemarin malam terulang kembali.dan berhenti pula di jam yang sama.setelah tiga hari mengalami hal yang sama maka saya datang kerumah kakek. Saya ceritakan semua yang terjadi.kakek tersenyum sedikit dan berkata mengapa baru datang,kenapa tidak kmarin.sebenarnya itu persoalan mudah..begini  penawarnya, ambil segenggam nasi putih dan campur dengan abu dapur yang menggunakan kayu bakar, lalu bungkus dengan daun pisang,namun lipatan bungkusannya harus sebelah! Persis bungkusan lawar yang nengah terima dari pura sehabis ngayah. Nah taruh di atas tanah tempat pintu masuk utama pekarangan/halaman rumah.ujung daun yang terbuka dihadapkan ke luar halaman. Begini mantranya: INDAH TA KITA SARWA BHUTA BHUTI,AJA SIRE ANGRUBEDA, IKI HULUN BAPAN SANG ALIT NGATURHAKEN NASI AWU,TADAH NASI AWU PUNIKI,SAMPUNANG JAHIL RING PUTRAN/PUTRIN HULUN.OM SHANTI SHANTI SHANTI OM.  Saya sedikit bingung,sekaligus penasaran.lalu saya bertanya apa sebenarnya hubungan tangis sang adik sama nasi awu..kakek sedikit tertawa dan berkata,nengah… sudah sewajarnya nengah  kurang percaya atau bingung karena memang nengah belum mengenal dunia lain selain kita. Begini,kita dilahirkan kedunia ada 4 saudara yang ikut menemani,bahkan beliau menemani kita ktika dalam kandungan.nah nanti stelah kita lahir saudara kita akan kembali ke tempatnya dan sewaktu waktu beliau menjenguk saudaranya yaitu si bayi.nah bila orang tua tidak mengerti,akan jarang sekali bahkan tdak pernah mengucapkan terima kasih  kepada saudara si bayi.. nah nasi awu itulah simbul sapaan bahwa kta sudah menyadari akan keberadaannya. Sebenarnya ada sajen kusus untuk ucapan terima kasih kepada saudara kita yaitu di upacara tiga bulanan,nah sebelum tiga bulanan ini lah seharusnya orang tua rajin membuatkan sesajen berupa nasi sejumput lima warna,putih,merah kuning,hitam dan abu abu. Disuguhkan di tempat bapak  menanam ari ari si bayi...ya stelah kamu dewasa , kakek akan jelaskan semuanya yaaa bila nengah ada niat untuk belajar.  Setelah beberapa percakapan,akhirnya saya pamit.sesampai di rumah saya lakukan persis apa yang disuruh kakek,setelah beberapa menit saya terkejut dan heran.tangis adikpun berhenti,hingga besok besoknya.Cuma ada sih tangisan,tapi tangisan mau minta susu ibu.bukan seperti saat itu.
Nah yang jelas penawar itu memang ampuh .apalagi teman teman saya yang saya kasi tahu,semua mengucapkan terima kasih dan bilang  memang ampuh penawarnya.
   Untuk teman teman yang membaca artikel saya ini, tolong share kepada teman kalian agar tidak ada yang mengalami kejadian seperti saya. Semoga bermanfaat. OM SHANTI




Comments