TV POLYTRON XBR U SLIM 21 INCH START NORMAL BEBERAPA DETIK LALU STANBAY

   Selamat berbahagia semua sahabat.tadi pagi saya dapat servisan polytron 21 inch  dengan kerusakan distart normal lalu beberapa detik kemudian stanbay kembali...sebelum membuka kopernya saya sudah menganalisa jenis kerusakn inibiasnya ada solderan yang retak di daerah kaki vertikal atau FBT, elko dan beberapa komponen seperti zener atu R yang nilainya sudah short.saya sudah beberpa kali menerima keruskan jnis ini.dan rusaknya memang seputaran itu saja makana saya langsung ke pusat kerusakan.Dulu pertama kali mendapat jenis kerusakn ini,wow butuh beberapa jam untuk mengecek tegangan yang short. jenis kerusakan ini istilahnya protec.Artinya ada rangkaian pengaman di tiap tiap sirkuit/rangkaian.Rangakain protek ini bisa terdiri dari transisitor,dioada zener atau silikon,Dll.ini fungsinya agar tidak menambah kerusakan yang fatal pada sebuah rangkaian. Nah untuk mepersingkat waktu...saya buka cover dan saya copot semu conec kabel biar saya lebih mudah membolak balikan papan sirkuit ,saya langsung amati tiap solderan di daerah vertikal dan horisontal.dengan kaca pembesar, ternyata semua solderan masih bagus.Saya beralih ke kapasitor kecil dekat ic vertikal dengan nilai 1MF 50 VOLT ada dua dan 10MF 50 VOLT SATU..saaya amati kondisi fisik masih bagus,namun saya tetap tidak lengah,saya copoti ketiga kapasitor dan saya cek dengan kapasitor tester..dan ternyata benar! tiga elko ini nilainya telah mengalami penyusutan..saya ganti dengan yang baru. dan hasilnya ?   ya pasti TV sudah normal..heheheh Ok kawan kawan yang senang elektro ingat jika menemui jenis kerusakn polytron macam ini,jangan uprek kemana mana.lansung saja ke titik poin permasalahan seperti  yang saya ceritakan diatas.
 OK selamat berkarya dan berjuang untuk keluarga... SemogaTuhan  memberkati kita senantiasa...



Comments