TV Akari start ok , di layar tidak ada gambar

 Hai penghobi elektronika.Apa kabar? semoga kita semua sehat wallafiat.Nah hari ini saya ingin berbagi sedikit pengalaman  tentang cara menyervis TV yang gejala kerusakannya, di start mau namun raster tidak nampak.Nah sebelum kita membuka casinngya alangkah baiknya kita bayangkan penyebabnya,

  Bila Sebuah TV distart mau dan trafo switching tidak berbunyi kemungkinan yang bermasalan adalh daerah horisantal,bisa retak di kaki b+ FBT,BISA R fuse hiter putus, dan mungkin juga flayback sudah rusak.OK sekarang kita pastikan kerusakannya dengan membuka coper TV,mesin kita keluarkan,.cabut semua kabel yang ada conektornya.langkah pertama,saya amati dulu solderan di daerah FBT/horisontal. heem semua its ok.Lalu saya balik PCB MESIN TV..apakah ada komponen yang mencurigaka? ternyata tidak juga ..kemudian saya test R FUSE yang dari kaki hiter di playback....ternyata bagus juga.,,saya cek transistor Horisontal,4 pin kabel defleksi ternyata bagus juga.

Ok..sekarang saatnya mengecek tegangan.Saya sambung dulu smua kabel yang tadi saya lepaskan. probe hitam multi tester saya tancapkan di feer tempat kabel ground tersambung.. biasanya  nempel di pojok CRT bagian atas atau bawah..saya stell tester di kali 200V DC. Saya sentuhkan probe merah tester di b+ dan saya onkan TV.Posisi stanbay jarum tester menunjkan nilai 115V,saya start tv, nilainya pun sama lalu saya cek tegangan 180.Nah disini tegangan tetap 115. padahal TV sudah mau start.  cek di pin colector  transitor horisontal hasilnya juga sama.Ini bisa dipastikan bahwa masalahnya ada di flayback .ingat FBT terdiri dari 2 bagian, primer dan sekunder,bila di primer short maka akan memepengaruhi tegangan b+115 dari power supply, yaitu ikut short juga dan switching akan berdenging..,untuk jenis TV yang ada proteknya tv akan kembali stanbay,bila di bagian sekundernya short maka seperti yang saya bicarakan barusan  jenis gejalanya.tanpa pikir panjang saya copot FBTNYA dan saya ganti dengan yang baru.Tak lupa juga saya memastikan capasitor damper  di kaki kolektor TR horisntal,8n2 2KV. apakah masih bagus atau sudah korosi nilainya setelah semua beres saya hidupkan tv,hasilnya tegangan 180v muncul normal.Saya amati rasternya wah sudah cukup bagus cuma di posisi layar biru, ada warna pelangi, merah dan hijau di tiap pojok layar TV,lalu saya ganti PTC ,yang untuk kumparan degaus yang melingkar di pinggir tabung/CRT dan hasilnya? pasti biru bersih layar TVnya..

  Ok begitulah kawan kawan seputaran TV akari yang rusaknya, startnya mau namun tidak ada raster.Semoga dapat menjadi inspirasi dalam penyervisan.


 


Comments