Memperbaiki listrik rumah yang korsleting.



Salam sejahtera kawan kawan
Pada  kesempatan ini  saya ingin berbagi beberapa keahlian sederhana yang bisa menghasilkan rupiah.Memang ini tergolong gampang bg mereka yang paham akan listrik tapi bagi mereka yang gak paham akan kelabakan dan pasti memanggil ahlinya.
Nah  yang akan saya bahas kali ini adalah skill memperbaiki listrik PLN di rumah tangga.Saya seringkali menjumpai kejadian ini ,yaitu listrik di rumah tetangga konsleting[short] mcb nya jegleg trus. Apalagi kejadianya pas malam hari,,wah gawat bagi mereka yg gak mengerti, sebenarnya ini sngat gampang sekali,namun bnyak juga yg tdk perhatian.
Ini  langkah pertama yang harus diambil:
1] Coba kembalikan saklar MCB di kilometerannya,apabila tdk melawan atau jegleg,namun semua lampu tdk juga menyala,berarti kita harus mengecek mcb yng lain lagi,biasanya ada di dalam rumah,pemasangan instalasi PLN saat ini banyak yang menggunakan MCB tapi ada juga yang menggunakan skring. Nah kembalikan semua ke posisi semula.untuk instalasi yang menggunakan skring coba ganti skringnya,bila ada piranti electronic yg short dan tidak tersambung ke jala jala PLN ,masalah ini sudah selesai.listrikpun sudah menyala kembali.
2] bila langkah 1 tidak juga membuahkan hasil,MCB masih trus kembali bila di normalkan,maka kita harus mengecek lampu,posisikan semua saklar lampu di posisi of atau mati,cabut semua colokan piranti electronic seperti TV,kulkas,computer dan lain lain.yang jelas sedikitpun tdk ada beban di jaringan listrik dalam rumah,nah setelah itu normalkan posisi semua posisi mcb,langkah selanjutnya kita hidupkan saklar semua lampu satu persatu,bila MCB jegleg pada saat kita menghidupkan  salah satu lampu kamar,maka lampu itulah yang rusak/short,lampu sekarang kebanyakan memakai rangkaian electronic berupa inverter,bila rangkaian ini rusak akan menyebabkan listrik PLN di rumah akan konslet,dan   MCBnya turun atau jegleg.ganti lampu atau jangan hidupkan lampu/rangkaian elektro lain yang rusak.listirk anda pasti menyala kembali.
Saya anjurkan pada waktu penyervisan,gunakanlah alas kaki yang sedikit tebal,ini untuk menjaga agar kita tdk kestrum,siapa tahu kita tidak sengaja menyentuh arus  listrik.itulah sedikit keahlian yang kadangkala sangat berguna  ketika kepepet.lain kali saya akan ajarkan cara menyervis berbagai jenis senapan angin,dan banyak lagi keahlian  yg tingkatnya lebih tinggi.tujuan saya supaya jarang ada kawan kawan yang nganggur,

                                                                               salam sejahtera dari saya
                                                                                   NURIASA

Comments